Fungsi radio dan televisi sebagai media massa, (Lihat Teori Komunikasi Massa); 500 kata

Fungsi Radio dan TV sebagai Media Massa
Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV (Cangara, 2002). Media massa telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Melalui media massa kita dapat belajar banyak hal yang bisa di jadikan pelajaran. Dalam hal ini, televisi dan radio dapat dikatakan sebagai bagian penting dari kehidupan masyarakat. Adapun fungsi-fungsi media massa adalah sebagai berikut:
1. Pengawasan : fungsi ini memberi informasi dan menyediakan berita untuk memperingatkan kita akan bahaya yang mungkin terjadi. Misalnya saja seperti kondisi cuaca yang ekstrem atau berbahaya atau ancaman militer.
2. Korelasi : Korelasi adalah fungsi seleksi dan interpretasi informasi tentang lingkungan. Media kerap memasukkan kritik dan cara bagaimana seseorang harus bereaksi terhadap kejadian tertentu. Karena itu korelasi merupakan bagian media yang berisi editorial dan propaganda. Fungsi ini bertujuan untuk menjalankan norma sosial dan menjaga konsensus dengan mengekspose penyimpangan, memberikan status dengan cara menyoroti individu terpilih dan dapat berfungsi untuk mengawasi pemerintah.
3. Penyampaian Warisan Sosial : Ini merupakan fungsi dimana media menyampaikan informasi, nilai dan norma dari satu generasi ke generasi berikutnya atau dari anggota masyarakat ke kaum pendatang. Cara ini, bertujuan meningkatkan kesatuan masyarakat dengan memperluas dasar pengalaman umum mereka.
4. Hiburan (Entertainment) : Sebagian besar isi media adalah hiburan. Maksudnya adalah memberi waktu istirahat dari masalah yang dihadapi tiap hari dan mengisi waktu luang.
Namun demikian, sama halnya dengan media massa lainnya, radio juga pada dasarnya mempunyai fungsi. Seperti yang diungkapakan oleh Effendy (1993:137-138), bahwa radio mempunyai 4 fungsi sebagai berikut:
1. Fungsi penerangan
2. Fungsi pendidikan
3. Fungsi hiburan
4. Sarana propaganda
Seperti yang telah kita ketahui, radio siaran bersifat audial, dimana radio siaran hanya dapat digunakan dengan cara didengarkan,tapi bukan berarti radio siaran tidak sanggup menjalankan fungsinya sebagai media penerangan. Radio dianggap sebagai media yang mampu menyiarkan informasi yang amat memuaskan walau hanya dilengkapi dengan unsur audio. Berbeda dengan penyampaian pesan melalui media massa lainnya, komunikator yang menyampaikan pesan kepada komunikan melalui radio siaran harus dapat mengkombinasikan unsur-unsur penting dalam meningkatkan efektivitas pada siaran radio, yaitu sound effect, musik, dan kata-kata sehingga dapat diterima dengan baik oleh komunikan yang bersifat heterogen aktif, dan selektif, agar komunikasi yang dilakukan oleh komunikator berjalan efektif dan efisien.
Radio dan televisi sebagai media massa pada dasarnya memiliki fungsi sebagai penyampai informasi. Kehadiran mereka tentunya telah membawa pengaruh yang besar terhadap seluruh umat manusia, karena jangkauannya yang luas untuk menjangkau audiens dan kecepatan aksesnya yang mudah mengakibatkan masyarakat mendapatkan informasi yang lebih cepat dan akurat.
Sebagian masyarakat berfikir bahwa televisi dapat dipercaya, karena keberaniannya menyebarkan informasi dan keterkaitannya dengan hukum dan tanggung jawabnya terhadap apa yang ia siarkan kepada seluruh masyarakat. Mereka berfikir dan beranggapan bahwa televisi akan berusaha menyampaikan apa yang benar – benar terjadi. Dan inilah yang masyarakat harapkan dari radio dan televisi. Sesungguhnya, ini juga yang menjadi poin utama dari radio dan televisi sebagai media massa yang memiliki fungsi komunikasi dimana tanda tanya dari seluruh kalangan masyarakat dapat terjawab, hiburan dapat dirasakan secara bersamaan dan bersama – sama oleh masyarakat dan ketidaktahuan masyarakat akan suatu hal dapat teratasi.

Sumber :
http://elizabelfri.blogspot.com/2013/05/radio-sebagai-salah-satu-alat-media_9.html
http://asiaaudiovisualex09adibganteng.wordpress.com/radio-sebagai-media-massa/
https://sosiologibudaya.wordpress.com/2013/05/06/televisi-dan-media-massa/

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

Anda reblog di blog anda dan kemudian jawab dan berikan penjelasan

Fungsi radio dan televisi sebagai media massa, (Lihat Teori Komunikasi Massa); 500 kata

Lihat pos aslinya

Tinggalkan komentar